• MAN BULUNGAN
  • MANDIRI BERKARAKTER ISLAMI

Pembelajaran Muhadaroh di masa Pademi Covid 19

Tanjung Selor (Humas MAN Bulungan) – Muhadharoh merupakan kegiatan ekstrakurikuler di madrasah  yang dilaksanakan setiap hari jum’at selepas sholat jum’at. Muhodaroh ini merupakan salah satu program unggulan di Madrasah. Kegiatan ini mempersiapkan peserta didik untuk terjun ke lokasi Praktik Pengabdian Masyarakat Nantinya.

Disampaikan oleh Pembina Muhadharoh Bapak Ngadim, S.Pd  Tujuan dari Muhadharoh ini adalah untuk melatih siswa agar pandai berceramah, pidato, khutbah, menjadi MC dan terbiasa serta siap menjadi petugas pembaca doa diacara-acara peringatan hari besar islam.

Berbeda dengan pelaksanaan Muhadharoh pada tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan Muhadharoh dilaksanakan secara tatap muka di Masjid Nurul Ilmi MAN Bulungan. Di Masa Pandemi Covid 19 ini, pertemuan tatap muka tidak bisa dilaksanakan dikarenakan mencegah penyebaran covid 19. Namun Pandemi Covid 19 ini tidak menghalangi atau menghambat berjalannya muhadharoh. Muhadharoh di masa pandemi ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi google meet yang dapat diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI MAN Bulungan.

Pada Jumat (5/2) petugas muhadharoh pekan ini adalah Aditira Mila Andara (X IPA 2) sebagai MC, Zeliyanti (XI Agama) sebagai pembaca ayat suci Al Qur'an, Andi Muhammad Rizal Nurdin ( X IPA 2) sebagai pembaca doa, dan petugas ceramah yaitu Wilyam (XI IPS 1) dan Aldika (XI Agama).

Ngadim, S.Pd  menyampaikan harapan ke depannya kegiatan muhadharoh dan peserta didik MAN Bulungan agar pelaksanaan muhadharoh  tetap berjalan lancar,  semakin disukai peserta didik,  dapat berperan aktif serta semakin berkembang potensi peserta didik dalam berceramah, jadi MC, dan pembaca doa. (Jay)

Komentar