• MAN BULUNGAN
  • MANDIRI BERKARAKTER ISLAMI

MAN Bulungan Ikuti Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) Tingkat SMA/SMK/MA Se Kabupaten Bulungan

TANJUNG SELOR - Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten Bulungan diselenggarakan pada Sabtu (23/11/2019). LKBB ini diselenggarakan di lapangan SMK Negeri 1 Tanjung Selor.

Seperti yang telah disampaikan oleh Totok Nadi Hermanto, SE, selaku waka kurikulum SMK Negeri 1 Tanjung sekaligus ketua pelaksana lomba, bahwa acara ini terselenggara atas dasar inisiatif pihak sekolah, untuk mengembangkan bakat anak-anak dalam paskibra.

Kita tahu sendiri pasti semua sekolah memiliki paskibra, tetapi kegiatan besar paskibra hanya muncul diwaktu-waktu tertentu. Sebetulnya disekolah ini ada program ketarunaan, setiap sabtu SMK ada program ketarunaan. Untuk melihat bentuk dari hasil ketarunaan itu sendiri salah satunya adalah ajang lomba ini ini tujuan pertama. Yang kedua yaitu untuk menjaring siswa yang berpresatasi di bidang paskibra, jelasnya.

Dilaporkan juga oleh ketua pelaksana, bahwa lomba ini diikuti oleh 10 sekolah dengan 14 peserta yang terdiri dari MAN Bulungan, SMA Negeri 2 Tanjung Selor, SMA Negeri 1 Tanjung Palas Timur, SMA Negeri 1 Tanjung Palas Tengh, SMK Negeri 1 Tanjung Selor, SMK Negeri 2 Tanjung Selor, SMK Tridaya, SMK Negeri 1 Tanjung Palas Utara, SMA Bulungan dan SMA Agape.

 

Totok Nadi Hermanto, SE menyampaikan harapannya untuk kegiatan yang telah terlaksana pada Sabtu (23/11), agar kedepannya seluruh sekolah tingkat SMA/SMK/MA se kabupaten bisa turut berpartisipasi dalam LKBB, dan kegiatan ini tidak terhenti sampai di sini saja, semoga kedepannya aka nada kegiatan-kegiatan berkelanjutan.

Tim Penilai lomba pada LKBB ini terdiri dari 3 juri perwakilan TNI AD dan Kepolisian. Salah satu tim Juri adalah Mintarso dari TNI AD Kodim Bulungan. Mintarso menyampaikan bahwa tujuan dari diadakan nya lomba ini salah satunya adalah mementuk karakter.

Tujuan bukan hanya untuk mengisi waktu tetapi untuk melatih fisik, disiplin, membentuk karakter, cinta tanah air. Termasuk di dalamnya kebangsaan dan bela negara. Makanya tadi yel-yelnya beragam terkait kebangsaan Jelasnya

Disampaikan pula oleh Mintarso, bahwa lomba ini boleh diikuti semua siswa setingkat SMA/SMK/MA, tidak dibatasi berapa grup, tergantung kepada sekolah masing-masing yang mengirimkan peserta berapa banyak.

Untuk kriteria penilaian sendiri selain baris-baris ada juga kriteria waktu yang telah ditentukan

Untuk Waktu tampil itu ditentukan, supaya anak-anak berkreasi lebih banyak. Jadi jika diterapkan semua ada 44 materi kalau diaplikasikan dalam waktu, kurang lebih 15 menit. Jadi dalam waktu tersebut peserta dituntut keseragaman, semangatnya, serta kekompakannya, Imbuhnya.

Mintarso berharap, dengan adanya LKBB ini pemuda dapat memiliki rasa cinta tanah air, karena untuk saat ini menurut mintarso cinta tanah air pada pemuda itu mulai bergeser. Sehingga dengan adanya LKBB ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air pada pemuda.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri Bulungan Ir. Hadi Ariyanto Murdjiman melalui Abdul Arif, S.Pd.I, menyampaikan harapan kepada peserta paskibra, khususnya MAN Bulungan agar tetap semangat dan terus berkreatifitas dan cerminkan sikap para pahlawan negeri yang telah berjuang untuk tanah air. (jay)

 

 

 

 

 

 

 

Komentar