• MADRASAH ALIYAH NEGERI BULUNGAN
  • MANDIRI BERPRESTASI

Kompetesi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Tahun 2019 diwakili Oleh 12 Siswa Madrasah Aliyah Negeri(MAN) Bulungan

TANJUNG SELOR - Kompetisi Sains Madrasah atau yang biasa dikenal dengan KSM merupakan suatu ajang kompetisi dalam bidang Sains. Tahun ini Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bulungan tidak absen dalam mengirimkan siswa yang mewakili MAN untuk berajang dalam KSM Tahun ini. Sekitar 27 siswa yang mengikuti tahap awal KSM tingkat kabupaten yang kemaren diselenggarakan di MTsN Bulungan. Seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Fajar Imawan S.Pd selaku Koordinator KSM MAN sekaligus pembimbing KSM Bidang biologi mengatakan bahwa persiapan mengikuti KSM telah dipersiapkan jauh-jauh hari.

“Untuk persiapan, kita berkaca pada tahun lalu, KSM ini kan momen tahunan jadi untuk MAN sendiri kami sudah persiapkan jauh-jauh hari,mungkin sekitar 3 atau 4 bulan yang lalu sudah ada persiapan. Untuk persiapan siswa-siswa yang berminat mengikuti KSM tidak selalu dari jurusannya misalnya pilihan IPA diikuti anak IPA, tetapi kami membuka kesempatan siapapun bisa ikut misalnya dari agama mempunyai kemampuan di bidang IPA kami akan beri kesempatan masuk ke sana. Sejauh ini untuk persiapan permata pelajaran kita serahkan kepada yang ahlinya artinya akan diserahkan kepada guru mata pelajaran pengampu misalnya kimia ke pak pak Panji atau bu Murni, biologi saya sendiri kemudian mata pelajaran ekonomi kepada bu Niluh. Fisika kepad Bu Nanik dan Matematika kepada bu Haslidia. Beliau-beliau itulah yang menjadi tulang punggung untuk mata pelajaran yang diampu   untuk kegiatan KSM dalam beberapa tahun ini, yang jelas persiapan insyaAllah sudah jauh-jauh hari kami persiapkan dengan latihan soal dan permasalahan konsep yang disesuaikan dengan SKL yang sudah diterbitkan”Ujarnya saat ditemui kru Renaisans.

Kemudian Fajar Imawan S,Pd menyampaikan bahwa KSM untuk tingkat Kabupaten sudah selesai. Dan dilanjutkan dengan KSM tingkat Provinsi yang mana pada tahun ini, MAN Bulungan diamanahkan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi tahun 2019.

“KSM untuk tingkat Kabupaten sudah selesai dan untuk tingkat Provinsi pembukaannya mulai pada tanggal 14 agustus 2019 dan untuk perlombaannya tanggal 15 agustus 2019,dan tempatnya di MAN Bulungan yang akan diikuti oleh  perwakilan Kabupaten diseluruh Kalimantan Utara”Jelasnya

Seperti tahun-tahun sebelumnya bidang sains yang dikompetisikan ada 6 yaitu : Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. Sebananyak 12 siswa dari MAN yang telah mengikuti seleksi KSM tingkat kabupaten kemaren lolos ke tingkat Provinsi, yang mana setiap bidang Sains diwakili oleh 2  peserta yang lolos.

Ketika ditanyakan kepada Koordinator KSM MAN Bulungan bahawa apakah terdapat perbedaan KSM tahun sebelumnya dengan KSM tahun ini, beliau menyatakan bahwa tidak terlalu banyak perbedaan KSM tahun ini dengan tahun sebelumnya.

 “Perbedaannya mungkin ada,tetapi kalau soal mungkin agak berbeda levelnya lebih ditingkatkan,kalau materi tetap materi sains terintergrasi artinya ada pengetahuan,kemudian di intergrasikan dengan nilai-nilai Al-Qur’an,tahun ini kami rasa waktu pengalaman kemarin di tes provinsi agak ada peningkatan level dibandingkan tahun sebelumnya saya kira setiap tahun panitia KSM dari pusat juga suka meningkatkan level di setiap tahunnya,kemudian kalau di wiliyah Kalimantan Utara belum ada peserta KSM walaupun sebetulnya itu bukan hanya untuk madrasah tapi beberapa tahun ini sudah agak banyak sekolah umum yang mengikuti KSM jadi bukan hanya dari lingkungan madrasah,kompetisi ini secara umum”Imbuhnya.

Harapan kepada seluruh peserta KSM yang mewakili MAN adalah terus berupaya dan memberikan yang terbaik.

“Harapannya tentu kalau idealnya juara tetapi kita juga harus memperhitungkan kompetitor juga luar biasa ada beberapa yang diatas kita tetapi tentu juga tidak mengurangi rasa optimis, yang penting berusaha. Untuk itu pesan saya untuk peserta KSM terus berupaya memberikan yang terbaik untuk semua. Jangan pikirkan juara dulu tapi pikirkan bagaimana bisa memberikan yang terbaik” Harap Fajar

Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi tahun 2019 ini akan dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Bulungan (MAN) pada tanggal 15 Agustus mendatang. (jay)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENETAPAN KELULUSAN PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI BULUNGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Tanjung Selor, Berdasarkan Keputusan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Bulungan Nomor 20 Tahun 2022 Tentang Penetapan Kelulusan Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Bulungan Tahun Pelajaran

06/05/2022 13:10 WIB - Administrator
Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi, Digelar Meriah Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Bulungan

TANJUNG SELOR – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) rutin dilaksanakan setiap tahun. Pembukaan KSM digelar dengan meriah di Lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bulungan pada Rabu mal

14/08/2019 21:00 WIB - Administrator